Assalamualikum sahabat bloger..apa kabar?..
Memasuki musim penghujan apa lagi di daerah yang rawan banjir,mungkin hamper setiap hari tunggangan kita melewati genangan air yang cukup tinggi,dan mungkin setiap hari juga kita di sibukan untuk memandikan si kuda besi kesayangan kita kan masbro. Pengalaman Ant saat meminang si vixi,kebetulan sedang memasuki musim penghujan juga,al hasil tiap hari bergumuh dengan Lumpur jalan yang udh pasti “KOTOR ABIS”. Akibatnya tiap hari si putih di mandiin.
Gambar ilustrasi from googleSelain kotor,efek yg di timbulkan dari genangan air yg bercampur Lumpur lapindo ini akan menyebabkan karat di beberapa bagian part yang terbuka,salah satunya yang rawan karat adalah leher knalpot. Apa lagi seperti yg kita tau,knalpot vixion itu sangat rawan kemerahan atau karat ringan,dikarnakan doi hanya menggunakan cat hitam dof saja.
Untuk mengatasi permasalahan di atas,Ant coba sharing dengan teman2 yang pernah mengalami hal yg serupa,ada yg menyarankan di cat ulang,atau di crom skalian biar ga karat lagi..namun itu butuh biaya yg lumayan menurut Ant,putar otak akhirnya an coba menggunakan peralatan yg ada di rumah,yg Ant siapkan adalah:
- air hangat bersih
- deterjen bubuk
- amplas paling halus (lupa kodenya.. 😀 )
- sanpoly/Kit untuk bodi
Pertama-tama pastikan mesin dlm kondisi dingin,lalu basahi bagian leher knalpot yg terlihat karat dengan air hangat campur deterjen bubuk,setelah merata gosok perlahan dengan menggunakan hamplas paling halus yang berfungsi untuk menghilangkan warna karat.setelah itu basuh dgn air bersih. Setelah di lap kering,oleskan sanpoly/kit le seluruh bagian klanpot yg di rasa rawan karat,usap secara merata sampai knalpot kinclong.setelah itu coba panaskan mesin,akan ada efek asap dr leher knalpot akibat olesan sanpoly/kit tersebut.namun di jamin knalpot akan lebih tahan terhadap karat mas bro..
Silahkan di coba ya..Semoga berguna..
Wassalam…
wordpress from Android Lenovo
kl ane pake oli bekas 😀
oooh gitu ya a..ampuh juga tuh??
lumayan membantu memulihkan dari korosi 😀
oli bekas? gmana di gosok sambil di oles oli bekas gitu?
bisa d coba juga mas bro solusi dr aa..:)
motor dinyalain, terus dioles oli bekas om..
pernah baca tips itu di tabloid…
mantabzz,,efek asapnya akan lebih terasa..namun menurut sy kalo oli bekas ada efek asap di lubang knalpot bro,akibar rembesan oli ke knalpot.
thx tipsnya vixi ane juga udah kuning gitu kenalpotnya ntar kalo ada waktu di coba
siap mas bro,,ane baru bli kna hujan beberapa kali langsung kuning bro..:D
keren bro tipsnya sangat membantu trims..
mampir2 di http://gombongmotorcommunity.com/
sama2 bro,,silahkan d coba..:)
kalo aku cuma modal kuas ama oli bekas.
Caranya:
1. Panasin mesin dulu atau dilakukan saat knalpot msh panas (abis buat jalan).
2. Oleskan oli bekas dg kuas dileher knalpot.
3. Ulangi 3 hari selanjutnya, biasanya karat akan rontok sendiri, tak perlu amplas yg bikin cat terkelupas.
ok mas bro…tp pungsi amplas paling halus disini hanya menghilangkian kecoklatan
aku juga dulu pake amplas halus pada motor shogun, tapi lama kelamaan warna itemnya berubah jadi kecoklatan (coklat tua), tak taunya catnya habis tergerus, tinggal warna besinya aja.
kl bisa saat hamplas pakai air sabun om,,jadi catnya ga kena dan ada pelicin dr sabun itu..
kalo gak di vixi bisa gak om?
ane pernah nyoba di beat sm karisma juga om,,bisa ko..:)
setelah bersih kembali pernah nyemprotin cat semprot kaleng semacam pylox anti panas ga mas? harganya berapa yo? 🙂
pernah saya di beat mas,kl dulu harganya cuma 30rbu_an mas..
Ada yg lebih ampuh lagi bro, ane oles ke vixi ane..tapi lupa nama cairanx…soalx make punya temen..katax untuk pembersih mesin mobil…, praktis tinggal di oles pke kuas cat ke leher yg kuning..langsung ilang bro kuning di knalpot dan di siram kmudian dngn air bersih…
wesss..mantabzzz…boleh nih infonya..
wiih..bisa dicoba nih,sempat bingung mo di apain tu knalpotku sampe karatan di bagian lehernya.
monggo mas bro..
mas bro,sy pnah pke cat tahan panas bli d acehardware yg sekaleng 93rb,tp koq tetep nglotok y catnya? pdhal dah benar cara ngecatnya sesuai ptunjuk,ad solusi mas bro? thx
kalo mnurut ane coba ulangi pengamplasannya nya bro,bila pengamplasan kurang merata,cat jadi kurang nempel.usahakan amplas menggunakan air sabun.lalu lap dan jemur dulu sampai kering bro.
karat dan warna kekuningan beda lhoo bro
kalau karat itu bkin kropos,kalau kekuningan pada leher knalpot kyk Vixion dll itu gak bkin kropos (Dger2 sih alami)
betul bro,,namun itu juga salah satu unsur karat bro..
lama-lama jadi tipis juga catnya