KIPAS RADIATOR VIXION/MX KAMU MATI?… JGN KAWATIR ….

Assalamualaikum sahabat blogger, apa kabar?

Setelah blog  Ant mati suri untuk beberapa saat, hari ini Ant akan berbagi sedikit cerita dan solusi tentang permasalahan yg Ant alami sendiri terhadap tunggangan Ant yaitu SHIRO (vixion putih).

 

Beberapa minggu lalu, SHIRO mengalami hal yang tidak biasa nya, setiap kali menghadapi kesulitan hidup eeeh… menghadapi macet, doi langsung panas dan terasa seperti mendidih. Lihat lampu indicator panas mesin ternyata sudah menyala, pertanda mesin sudah overheat …ckckck apa yg terjadi gerangan..

Setelah di selikidi.. selikiti dan selidiki.. ternyata penyakit nya ada di kipas radiator yg almarhum bro sis. Tanya kawan2 pemakai vixion lain, mereka menyaran kan melakukan pengecekan di kabel2 terlebih dahulu, di kawatir ka nada kabel yg terkelupas atau bahkan putus akibat di makan usia,namun setelah di cek secara seksama, di ketahui penyakit yg terjadi adalah dynamo kipas  nya yang sudah benar2 mati.

Cek harga ke beberapa beres, dan bengkel rata2  harga di atas 400rb. Seminggu Ant biarkan selama seminggu tanpa kipas, dan al hasil beberapa hari sering mogok karha motor overheat.

Cari2 info yg jual kipas atau dynamo untuk radiator barang kali ada subtitusi nya dan semuanya di atas 300rb, ketemulah sama salah satu bengkel dan kebetulan salah satu sahabat Ant, yg memberikan solusi, bahwa di salah satu bengkel di cikampek ada yg jual hanya dinamonya saja, dan itu original Yamaha yg merupakan kluaran dr pabrikan Panasonic.

Setelah di cek langsung di bengkel nya benar saja, barang nya benar2 original dan plek sama dgn bawaan vixion . nego harga dr mulai 200rban sampe mentok di 165rb rupiah, deal dan barang pun diangkut.

Di hari sabtu kebetulan Ant libur kerja, persiapan untuk bongkar SHIRO pun di lakukan, mulai dari kunci2 dan coolant untuk mengganti air radiator yg mungkin sudah berkurang kualitas nya akibat panas yg berlebih saat tidak menggunakan kipas radiator.

Langkah pertama buka bagian samping kiri dan kanan penutup radiator, lalu buka tutup radiator yg berfungsi sebagai lubang pengisi radiator di bagian kanan depan.selanjutnya longgarkan pengikat2 selang radiator yg terhubung ke mesin, buka beberapa baut yg mengikat radiator k bodi motor. Lalu turunkan radiator,dan disitu terlihat kipas yg terhubung  pada konektor yg bisa di buka pasang.

Cabut konektor, buka baut penghubung braket kipas k radiator, lalu lepas dynamo serta kipas radiator, untuk melepas kipas nya, memerlukan kunci pas no 5, di usahakan gunakan kunci yg pas, jgn tang ,karna akan mrusak baut nya,

Di langkah ini kita bisa seklaian mencuci radiator yg mungkin sebgaian sudah tersumbat kotoran.

Setelah semua terpasang, kalukan langkah2 yg tadi dgn cara di balik, dr mulai pemasangan kipas+dinami k braket, lalu pasangkan lg k radiator. Dan seterusnya

Ant rasa tidak susah ko bongkar pasangnya, namun mungkin sedikit memerlukan kesabaran dan beberapa kunci yg memang pas.

Oh iya, untuk dynamo radiator nya Ant tebus dgn harga 165rb, jauh dr harga beres yg bisa mncapai 500rb..

Okey..semoga berguna.

Wassalam….

mohon maaf tidak bisa mengunduh gambar, jaringan sedang eror, butuh gambar WA aja k nomr Ant ya di 085781543944 .

Tentang bachtiaryuan

hobi ngblog karna tertarik dengan dunia wartawan roda 2.olah raga saya TARUNG DERAJAT,
Pos ini dipublikasikan di Hobi, motor, otomotif, Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s