SIM … Antara Requirements & Legality

Assalamualaikum sahabat bloger..

Hanya ingin berbagi kisah sahabat yang merasakan kekecewaan kepada “oknum petugas” saat akan memperpanjang SIM C nya di salahsatu polres di jawabarat. Berawal dari ketaan seorang penduduk indonesia yang selalu melengkapi perlengkapan dalam berkendara baik dari SIM,STNK,PAJAK dan lainsebagainya doi sangat patuh akan tata tertib yang di terapkan oleh kepolisian dan pemerintah. Namun semua hilang begitu saja saat doi akan melakukan perpanjangan sim di polres tersebut..

Sim,..seperti yg kita ketahui adalah salah satu persyaratan yg “WAJIB”di miliki oleh setiap warga yang akan mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya tanah air tercinta ini,dan untuk mendapatkan Sim,kita harus melewati beberapa tes yang di berikan oleh petugas yang ada di lapangan. Bangga bila kita berhasil mendapatkan sim,kenapa?,karna kita merasa telah “LULUS” dalam tahapan semua test yg di berikan..itulah mungkin awalnya yg di rasakan sahabat saya sampai pada suatu waktu di polresr doi mendengar percakapan “oknum petugas” yang sedang negosiasi dgn beberapa “ABG”TUA yg akan membuat Sim C. begini kira2 percakapannya.

Petugas (pet)  : Ada yg bisa di bantu de..?

ABG        : Saya sama teman2 ( 3-5 orang) mau bikin Sim C pa buat persyaratan masuk kerja

Pet           :Berapa orang kira2 yang akan buat Sim C nya?..

ABG          :Ya ini aja semua pa,tapi kita ga terlalu bisa naik motor pa,.masih kaku banget

Pet           :Oh..mau bikin semua..iya sok sini sama saya,udah ga usah ikut test apa2..pokonya tau beres aja,tinggal foto,nunggu diruang tunggu nanti di panggil.

ABG          : Emang bisa ga usah test pa?kan saya belum lancar naik motornya juga..

Pet           : Gampang..satu orang 350rb aja siapin,semua itu urusan saya..

Dengan menghela nafas,,,doi akhirnya mengerti..benar juga apa yg di katakan teman2 yg lain,mafia dan pungli sudah merasuk ke setiap aspek di tanah air tercinta ini,bahkan sampai departmen yang ber tag line “melayani dan mengayomi masyarakat”.

Dengan wajah kecewa,doi melangkah pulang…”buat apa perpanjang,toh sim hanya simbol aja,tanpa ada kebanggaan di dalamnya”,komentar ane: inilah salahsatu penyumbang terbesar kecelakaan lalulintas yg semakin meningkat di tanah air..bener ga ..??..

Semoga berguna…wassalam…

member of

Tentang bachtiaryuan

hobi ngblog karna tertarik dengan dunia wartawan roda 2.olah raga saya TARUNG DERAJAT,
Pos ini dipublikasikan di Hobi, motor, otomotif. Tandai permalink.

17 Balasan ke SIM … Antara Requirements & Legality

  1. Aa Ikhwan berkata:

    ajib,.. surat izin menikah😀

  2. Blog TSYT berkata:

    Wa’alaikumsalam
    cara instan resiko juga instan dan maut mengintai🙂
    selamat pagi mas….

  3. bapakeVALKYLA berkata:

    jangan heran kalo banyak ababil yg jd korban kecelakaan.

  4. bimo.eka berkata:

    teknologi membuat kita terlena akan ke-instant-an…
    makanan juga paling laku yang instant2 juga…
    mungkin mereka melihat peluang usaha dari hal2 tersebut bro, bikin SIM instant…
    heheheee….

  5. Kapten Sparrow berkata:

    Itu kejadiannya sama persis dgn Saya…..
    Waktu mau bikin SIM baru..karena SIM lama hilang.
    Malah mau masuk ke Polres..salah satu polisi bertanya…mau bikin SIM..???.Mau jalan Neraka atau Surga..???.Klo jalan Surga bayar 350rb taua beres.Klo jalan Neraka harus melewati ujian tes tulis dan praktek.Padahal didepan kantor Polisi..tertulis tulisan sangat besar..”TIDAK MENERIMA CALO SIM'”…..”BIAYA BIKIN SIM 100rb”
    Lalu Saya yg memlih yg ikut Prosedur…ternyata susah,,…gagalnya di Ujian Praktek…jalan2 berliku yg sangat sempit….seukuran pas lebar motor,,,harus berputar 3x tdk boleh injak tanah dan menjatuhkan tiang2..Kayaknya didunia tdk jalan seprerti ini.Ini disengaja supaya orang baya sj 350rb.Yg masuk Kas Negara 100rb…Polisi dpt 250rb…..Tamabah Maju Indonesiaku…
    Karena sulitnya ujian itu..Otomatis banyak gagalnya.Sampai2 saya bilang sama Polisi….Pak Polisi bisa nggak ngelawati ujian ini…klo bisa saya bayar 100rb.Sepertinya dia marah sm saya…..Klo begini ujiannya…bisa2 hampir semua tidak akan punya SIM.Dan Akhirnya Saya membatalkan saja utk Urus SIM….karena saking jengkelnya.

  6. Tita Dycta berkata:

    Mending bikin SIMpedes aja deh biar terhindar sama yg begitu2an😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s