TIPS BAGI YANG AKAN “MELIBAS” JALUR PANTURA

Assalamualaikum..

Baru buat artikel lagi nih,,

Selamat siang kawan blogg,mau mengulas tentang berkendara yg aman di PANTURA nih,dimana tempat saya bernaung sekarang.

PANTURA..hampir semua warga NegaraIndonesiatahu tentang daerah ini,,,jalur yang menghubungkan antara jawa barat samapi dengan jawa timur ini tergolong jalur yang rawan kecelakaan bahkan kalau jaman dulu jalur yang rawan “bajing luncat” katanya.

Pengalaman saya sendiri tiap hari lewat jalur pantura “nyali” harus benar2 full bro,,konsentrasi juga mesti slalu di gaja,,,tahu lah,,kanan kiri truk dan bus besar siap “melalap” pengendara roda dua macam kita ini yg lengah,,hiiiii..ngerikan.

Pantura identik dgn jalur yg luas dan ramai kendaraan besar atau ekspedisi,dimana truk dan bus berlomba untuk mengais rejeki di jalur ini,,begitu juga dengan kendaraan roda dua yang “dengan gagah”nya berlomba di jalur yg sama.

Ngbrol bareng sopir truk ekspedisi pantura dapat sedikit pengalaman yg “pasti berguna buat yg akan melintas di pantura”

  1. bila kita mengendarai motor,pastikan posisi aman ada di samping kiri,karna info dari sopir truk dan bus,doi akan selalu memposisikan kendaraan di sebelah kanan,kenapa?..karna seringnya kecelakaan R2 saat posisi menyalip di kanan,mangakanya doi(truk,bus)lebih memilih di kanan agar motor2 tetap di jalur kiri. Itu salah satu tatak rama sopir2 di pantura.
  2. selalu waspada pada kendaraan di depan anda terutama kendaraan EFL (mini bus),bus dan angkutan kota.so..mreka suka berhenti dan melaju se enak “udel”nya…dan ga sedikit korban R2 yang melayang akibat ke”seenak udel”an mreka..
  3. kondisi pantura yg gersang pasa saat ini wajib bila pengendara R2 menggunakan safety seperti masker atau helm full.so,selain debu,,di pantura juga rawan berterbangannya kerikil2 kecil dari truk2 yang emngangkut batu,,
  4. perhatikan lampu tanda dari truk dan bus serta mobil2 lainnya.

 

Info dari sopir truk dan bus,selain mereka selalu memposisikan kendaraan di sebelah kanan,doi juga ada rambu2 khusus buat memperingati sepeda motor yg akan mendahului baik di jalur lurus ataupun jalur berkelok,diantaranya adalah : bus/truk akan menyalakan lampu sein kiri bila di bagian kiri ada halangan,agar pengendara di belakang tidak tiba2 menyalip,begitu juga sebaliknya.jgn memposisikan kendaraan di blakang tepat di antara ban kiri atau kanan,karna bila ada lubang,truk akan dengan sengaja menjbloskan ban k lubang agar kendaraan di belakang bias melihat klo2 di situ ada lubang.

Sekian info dan tips nya,,semoga berguna buat para rider yg akan “melibas” jalur pantura…

Keep brotherhood n safety riding

Tentang bachtiaryuan

hobi ngblog karna tertarik dengan dunia wartawan roda 2.olah raga saya TARUNG DERAJAT,
Pos ini dipublikasikan di Hobi, motor. Tandai permalink.

15 Balasan ke TIPS BAGI YANG AKAN “MELIBAS” JALUR PANTURA

  1. Aa Ikhwan berkata:

    sip ajib,.. mesti hati2 atau kalo perlu tanya sama penguasa pantura bro yudi batang😀

  2. gasspoll83 berkata:

    sip nice info, tapi entah kapan nih lewat pantura hehe tambahan nih buat yang riding melewati banyak truk kita harus tau diri jangan anggap truk or bus tau dimana posisi kita makanya banyak yang ke gencet truk atau bis soal nya para biker sering selap-selip diantara truk-truk besar padahal bagi para sopir truk itu banyak blindspot nya trus kalo ngerem ga bisa se enak ngerem kita yang pake motor.

    eh panjang bener komennya

  3. Gogo berkata:

    bener2 kewaspadan pd level tinggi..

  4. purwo berkata:

    tq,ijin share.

  5. Entah mengapa ane lebih respek sama sopir2 truk daripada supir mobil pribadi. Mereka lbh menghargai sesama pengguna jalan.

  6. rroossyyiidd berkata:

    Makasih atas tipsnya😀

  7. semplo berkata:

    ati ati sama polisi yg lg razia jg bro dipantura…suka nyari nyari kesalahan ama yg lagi jarak jauh

  8. Agung berkata:

    Assalamualaikum, numpang tanya saya mau ke semarang dari Jakarta naik Motor di kota mana saja dan kira2 jam berapa biasa ada razia motor soalnya stnk saya blom saya perpanjang telat 1 tahun, terpaksa nekat naik motor karena bapak sakit..
    Terimakasih

  9. Roy berkata:

    Numpang lewat ya bulan Januari 2014

  10. Fery berkata:

    pantura : banyak tikus bertopi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s